-->

Rukun Iman dan Rukun Islam

Agama islam dapat diumpamakan seperti pokok kayu. Satu pokok kayu ada bagian-bagian yang tak terlihat, yaitu bagian yang terunjam ke dalam perut bumi ( dibawah tanah ). Dialah akar yang banyak sekali, ada yang besar dan panjang, dan ada pula yang halus seperti rambut dan pendek.

Pokok kayu itu pula punya bagian yang tak terlihat yakni bagian yang menjulang di atas permukaan bumi, yaitu batang beserta dahan-dahanya yang besar dan rantingnya kecil dan sangat banyak.

Agama isla seperti sebatang pokok kayu karena mempunyai 2 ajaran. Ajaran pertama mengenai kepercayaan (iman) yang dinamakan Rukun Iman. Pekerjaan otak dan pikiran semata. banyak yang harus dipercaya oleh orang islam, otak dan pikiranya harus yakin dan percaya dengan maksimal dengan 6 perkara di bawah ini:
  1. Percaya tentang adanya tuha yang menciptakan seluruh alam. 
  2. Percaya tentang malaikat, makhluk ghaib yang selalu menjaga alam ini. 
  3. Percaya dengan semua Rasul yang diutus oleh Allah Subhanahu Wa ta'ala. 
  4. Percaya semua Kitab Suci Allah yang di turunkan kepada Rasul-Rasul. 
  5. Percaya bahwa semua manusia yang sudah mati akan di hidupkan kembali di akhirat, dimana semua amalan akan di hitung dan di balas yang setimpal. 
  6. Percaya dengan Qadha, Qadha adalah semua apa yang terjadi adalah kekuasaan Allah semata. 
Disamping 6 Rukun Iman yang tersebut di atas ini, setiap orang islam di dalam hidupnya harus menjalankan atau melakukan perkara yang tersebut  dibawah ini, atau yang biasa kita sebut dengan Rukun Islam, sebagai berikut:
  1. Mengucap kalimat syahadat.
  2. Solat 5 waktu sehari semalam
  3. Puasa
  4. Zakat
  5. Haji ke Makkah seumur hidup bagi yang mampu. 

This blog is created for your interest and in our interest as well as a website and social media sharing info Interest and Other Entertainment.