-->

Bermuka Dua

Bermuka dua dalam islam biasa di sebut dengan Munafiq, yang berasal dari bahasa arab. Nifaq adalah menutupi sesuatu keguguran yang bersemi dalam jiwa, melahirkan islam dengan lisan dan perbuatan, dan orang semacam itu di sebut dengan munafik. Tegasnya orang munafik adalah orang-orang yang mengaku bahwa mereka itu beriman, tetapi tidak mereka tidak beriman.

Mereka yang mengatakan demikian, ialah golongan munafik yang terdapat di masa Al Qur'an diturunkan. Kebanyakan mereka ialah golongan Yahudi. Golongan semacam ini akan terus menerus ada di sepanjang masa. Seperti hal yang baru-baru ini terjadi, mereka yang beragama kristen memakai peci datang kemasjid-masjid dan kepondok-pondok hanya untuk mempromosikan politiknya. Padahal sudah jelas diri mereka sudah tercap sebagai orang munafik. dan lebih buruknya sebagian masjid dan pondok mau menerima mereka ditanah mereka. Allah Berfirman:

وَإِذَا لَقُوا الَّذِينَ آمَنُوا قَالُوا آمَنَّا وَإِذَا خَلَوْا إِلَىٰ شَيَاطِينِهِمْ قَالُوا إِنَّا مَعَكُمْ إِنَّمَا نَحْنُ مُسْتَهْزِئُونَ

Artinya: Dan bila mereka berjumpa dengan orang-orang yang beriman, mereka mengatakan: "Kami telah beriman". Dan bila mereka kembali kepada syaitan-syaitan mereka, mereka mengatakan: "Sesungguhnya kami sependirian dengan kamu, kami hanyalah berolok-olok". (Q.S Al Baqarah:14)
Pada dasarnya setiap orang akan kalau dikatakan munafik pasti akan marah. Namun banyak orang yang menyadari bahwa dirinya telah bersikap munafik. berikut adalah 5 ciri orang munafik: 
  1. Bersifat ragu dalam kebenaran Islam. 
  2. Enggan Melakukan Shalat / bermalas-malasan
  3. Seandainya melakukan salat mereka berbuat pamer
  4. Mudah goyah pendirianya.
  5. Berdusta, ingkar janji dan khianat. 
إِذَا جَاءَكَ الْمُنَافِقُونَ قَالُوا نَشْهَدُ إِنَّكَ لَرَسُولُ اللَّهِ ۗ وَاللَّهُ يَعْلَمُ إِنَّكَ لَرَسُولُهُ وَاللَّهُ يَشْهَدُ إِنَّ الْمُنَافِقِينَ لَكَاذِبُونَ

Artinya: "Apabila orang-orang munafik datang kepadamu, mereka berkata: "Kami mengakui, bahwa sesungguhnya kamu benar-benar Rasul Allah". Dan Allah mengetahui bahwa sesungguhnya kamu benar-benar Rasul-Nya; dan Allah mengetahui bahwa sesungguhnya orang-orang munafik itu benar-benar orang pendusta". (Q.S AL Munafiqun : 1)
 Orang munafiq sebenarnya dalam hatinya adalah ingkar, tidak beriman, tetapi untuk mengelabuhi mara orang-orang mukmin ia pura-pura membujuk rayu, berkata manis. tetapi jika dia pulang kerumah akan tetap dalam kemunaqan nya. Munafiq / nifaq terbagi menjadi 2: 
  1. Nifaq I'tiqadi: Munafik yang diterangkan Al Qur'an akan bertempat dalam "ad Darkil Asfali" (Neraka tingakat paling bawah), kekal abadi didalamnya, seperti nifaq nya Abdullah bin Ubay.
  2. Nifaq 'amali: Munafik yang dimaksud oleh Hadis, yang menurut Nabi SAW tanda-tanda Munafik ada 3: "Tanda-tanda orang munafik itu ada tiga: Apabila ia berkata ia dusta, apabila ia berjanji ia ingkar, apabila dipercaya dia khianat". (HR. Bukhari dan Muslim)
"Dan Kamu dapatkan sejahat-jahat manusia adalah orang yang bermuka dua, yang datang kesini dengan muka dan kesana dengan muka lain." (HR. Muttafaqun 'alaihi)
Bermuka dua adalah sifat dan watak (karakteristik) seseorang yang membentuk penampilan lahiriyah dan berpura-pura berbuatu sesuatu yang bertentangan dengan hati nuraninya. Nifaq adalah salah satu penyakit hati (psikis) yang buruk dengan tanda-tanda dan gejala-gejala yang khas. Maka dari itu jauhilah sifat nifak ini, karena balasannya adalah neraka paling bawah sebagai mana yang telah disabdakan oleh Rasulullah Shallahu 'alahi wasallam.

This blog is created for your interest and in our interest as well as a website and social media sharing info Interest and Other Entertainment.