-->

Akidah Seorang Muslim (Tauhid)

Sebagai seorang muslim, kita harus memahami permasalahan-permasalahan akidah. Mampu mengamalkanya, mendakwahkanya serta bersabar dalam dakwah. Sebagai mana firman Allah dalam Al Qur'an: "Demi masa, Sesungguhnya Manusia dalam keadaan merugi. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal sholeh, dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasihat menasehati agar tetap Sabar." (Q.S Al Ashr : 1-3)
Walaupun kita menyampaikan nya hanya satu ayat, jika itu tepat sasaran dan pendengar kita langsung paham maka akan lebih baik. "Sampaikanlah walau satu ayat".

Tauhid adalah keyakinan bahwa Allah SWT adalah Zat yang Maha Tunggal dalam kekuasaan, PerbuataNya dan Maha Tunggal di dalam Uluhiyah maupun peribadatan kepadaNya. Tiada sekutu bagi Nya. Ada tiga macam tauhid:
1. Rubbubiyah
2. Uluhiyah
3. Asma wa Sifat

Pertama, Tauhid Rubbubiyah adalah Yakin bahwa Allah Maha Esa dalam segala perbuatanya, dan yakin bahwa Allah Maha Pencipta, Pemberi Rezki, Maupun Maha Pengatur. Allah Berfirman: "Segala puji bagi Allah, Rabb semesta Alam." (Q.S Al Fatihah : 2) 

Kedua, Tauhid Uluhiyah adalah Mengesakan Allah dalam beribadah dan tidak beribadah kepada selain Allah atau biasa di sebut Syirik kepada Allah. Allah berfirman: "Dan Rabb-mu telah memerintahkan supaya kamu jangan beribadah kepada selain Nya...." (Q.S Al Isra' : 23)

Dan firman Allah: "Beribadahlah kepada Allah dan janganlah kamu mempersekutukan Nya dengan sesuatu pun." (Q.S An Nisa' : 36)

Ketiga, Asma' wa Sifat adalah percaya atau mengimani semua nam dan sifat Allah Subhanahu wa ta'ala. Sebagaimana firman Allah dalam Al Qur'an: 

فَاطِرُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۚ جَعَلَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا وَمِنَ الْأَنْعَامِ أَزْوَاجًا ۖ يَذْرَؤُكُمْ فِيهِ ۚ لَيْسَ كَمِثْلِهِ شَيْءٌ ۖ وَهُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ

Artinya: "(Dia) Pencipta langit dan bumi. Dia menjadikan bagi kamu dari jenis kamu sendiri pasangan-pasangan dan dari jenis binatang ternak pasangan-pasangan (pula), dijadikan-Nya kamu berkembang biak dengan jalan itu. Tidak ada sesuatupun yang serupa dengan Dia, dan Dialah yang Maha Mendengar dan Melihat." (Q.S ASy Syuaro : 11)

This blog is created for your interest and in our interest as well as a website and social media sharing info Interest and Other Entertainment.