-->

Nilai Nikmat Dunia

HAKIKAT NIKMAT DUNIA

Yang di maksud dengan nikmat dunia adalah semua rezeki yang dikaruniakan Allah kepada hambaNya, yang meliputi antara lain: kehidupan, harta, anak, jabatan, negara, dan Ilmu pengetahuan.


NILAI NIKMAT DUNIA
Pertama, Kenikmatan yang sedikit/sangat terbatas hanya dapat dinikmati selama hidup sampai mati saja. seperti dalam firman Allah SWT : "Hai Kaumku, sesungguhnya kehidupan dunia ini hany alah kesenangan sementara dan sesungguhnya akhirat itulah negeri yang kekal (Al Mukmin:39).

Dan Firman Allah lagi: Jangan sekali-kali kamu terperdaya oleh kebebasan orang-orang kafir bergerak dalam negeri. itu hanyalah kesenangan sementara kemudian tempat tinggal mereka adalah jahannam, dan jahannam adalah seburuk-buruk tempat (Al Imron: 196-197).

Firman Allah dalam surat Ar Ra'du ayat 26: "Allah meluaskan rizki dan menyempitkan bagi siapa yang Dia kehendaki. Mereka bergemberi dengan kehidupan di dunia, padahal kehidupan dunia itu dibanding dengan kehidupan Akhirat hanyal kesenangan yang sedikit".

Kedua, Kenikmatan yang tidak ada nilainya di sisi Allah Subhanahu wa Ta'ala. Dalam Firman Allah Subhanahu wa Ta'ala: "Dan janganlah Engkau hinakan aku pada hari mereka di bangkitkan, yaitu di hari harta dan anak-anak laki-laki tidak berguna, kecuali orang-orang yang menghadap Allah dengan hati yang bersih (Asy Suara: 87-89)

Dalam Hadis Nabi Muhammad Shallahu 'alahi wa sallam bersabda: " Kalau sekiranya kenikmatan dunia masih ada nilainya di sisi Allah Subhanahu wa Ta'ala seberat sayap nyamuk, Allah tidak akan memberi minum orang kafir meskipun hanya seteguk air (HR. At Tirmidzi)


Ketiga, Kenikmatan yang meperdayakan / Menipu sehingga menjerumuskan ke dalam bencana dunia dan Akhirat. Dalam Al- Qur'an Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman: Tiap-tipa yang berjiwa akan merasakan mati dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam syurga, maka sugguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia tidak lain hanyalah kesenegan yang memperdayakan. (Ali Imron: 185).


Dan Allah SWT berfirman lagi dalam Al Qur'an: "Hai Manusia, bertakwalah kepada Tuhanmu dan takutilah suatu hari yang pada hari itu seorang bapak tidak dapat menolong anaknya dan seorang anak tidak dapat pula menolong bapaknya sedikitpun. Sesungguhnya  janji Allah adalah benar, maka janganlah sekali-kali kehidupan dunia memperdayakan kamu, dan jangan pula penipu (syaitan ) memperdayakan kamu dalam (mentaati) Allah. (Lukman:33)


Keempat, Kenikmatan Yang Dilaknat. Dalam Hadis Nabi Beliau bersabda: "Ingat sesungguhnya dunia itu adalah terlaknat dan terlaknat pula semua yang ada di dalamnya kecuali (nikmat dunia yang di gunakan) untuk dzikir kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala dan apa yang sama denganya (amalan taat kepada Allah) dan orang alim (dunia yang dimiliki oleh orang yang faham dengan Al Qur'an dan sunnah) atau para penuntut ilmu (yakni dunia yang di miliki oleh orang yang mempelajari Al Qur'an dan sunnah). (HR. Tirmidzi).





This blog is created for your interest and in our interest as well as a website and social media sharing info Interest and Other Entertainment.