-->

Keutamaan Ibadah di Malam Lailatul Qadar

Bulan Ramadhan adalah bulan yang memang bulan yang sangat mulia dan penuh berkah, bulan penuh ampunan, bulan ibadah, bulan qiyam, bulan sodaqoh, bulan zakat, dan banyak lagi sebutan-sebutan bulan Ramadhan ini karena banyak sekali kenikmatan dan keutamaan di dalam bulan yang berbarakah ini. akan tetapi ada suatu malam pada bulan itu yang lebih baik dari 1000 bulan. Yaitu adalah malam lailatul qadar. Malam yang dapat menghapuskan dosa tahun lalu dan dosa yang akan datang. Karena banyak sekali dalil-dalil atau hadis-hadis yang menerangkan tentang keutamaan malam itu. Seperti yang di riwayatkan olehh Al Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah bahwa Nabi SAW bersabda: 

مَنْ قَامَ لَيْلَة الْقَدْرِإِيْماَناً وَاْحتِسَابًا غُفِرَلَهُ مَاتَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya: "Barang siapa ibadah di malam lailatul qadar karena imanya kepada Allah dan karena mengharapkan keridhaanNya, niscaya diampunilah dosanya yang telah lalu". (HR. Bukhari dan Muslim)

Dalam hadis lain dari Abu hurairah, Rasulullah Shallallhu 'alahi wa sallam bersabda:

مَنْ يَقُمْ لَيْلَةَ القَدْرِ يُوَافِقْهاَ إِيْمَانًا وَاحْتِسَابًاغُفِرَلَهُ مَاتَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya: "Barang siapa berdiri pada malam al qadar lalu bertepatan dengan lailatul qadar, karena imannya kepada Allah, dan karena mengharap keridhaan Nya, diampuni dosanya yang telah lalu". (HR. Muslim)

Dan dalam hadis lain juga dari Ubadah ibn Shamid: "Rasulullah SAW, mengabarkan kepada kami tentang lailatul qadar. Beliau berkata: Dia di dalam bulan Ramadhan, di puluhan akhir malam 21, atau malam 23, atau malam 25, atau malam 27, atau malam 29 atau di akhir bulan Ramadhan. Barang siapa mengerjakan qiyam pada malam itu karena imannya kepada Allah dan karena mengharap keridhaanNya niscaya diampunilah dosa yang telah lalu dan dosa yang akan datang." (HR. Ahmad) 

 Dalam Al Qur'an Allah SWT juga berfirman tentang keistimewaan malam lailatul Qadar ini:

1. إِنَّا أَنزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ
وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ .2
لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِّنْ أَلْفِ شَهْرٍ .3
تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِم مِّن كُلِّ أَمْرٍ .4
سَلَامٌ هِيَ حَتَّىٰ مَطْلَعِ الْفَجْرِ .5

Artinya:
1. Sesungguhnya kami telah menurunkannya (Al Qur'an) pada malam kemulian
2. Dan tahukan kamu apakah malam kemuliaan itu?
3. Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.
4. Pada malam itu turun malaikat-malaikan dan malaikan Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan
5. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar

Begitu istimewanya malam lailatul qadar banyak sekali hadis-hadis yang yang menjelaskanya. Akan tetapi tidak semua manusia bisa mendapatkanya. Dan Malam lailatul qadar terjadi pada malam-malam ganjil di akhir bulan Ramadhan. Yang pada intinya kita harus berbanyak ibadah di malam akhir bulan ramadhan ini terutama pada malam ganjil seperti yang di katakan oleh Rasulullah SAW. 

Lalu apa saja yang harus kita lakukan agar pada sepuluh hari terakhir ini kita bisa mendapatkan malam lailatu Qadar ini? kita sebaiknya mengerjakan shalat tepat waktu, bertahajjud, beristighfar, berdzikir, memperbanyak membaca Al Qur'an serta beri'tikaf, menambahkan ihsan dan memperbanyak shodaqoh.

This blog is created for your interest and in our interest as well as a website and social media sharing info Interest and Other Entertainment.